Jumat, 29 Maret 2013

Kaitan Matakuliah Kimia dengan Matakuliah Biologi



Catatan Kuliah:

Pertemuan ke  : 1
Dosen             : Edy Chandra,S.Si,MA
Hari,Tanggal   : Rabu, 14 September 2011



Kaitan Matakuliah Kimia dengan Matakuliah Biologi

Ø  Level Organisme Kehidupan mulai dari yang terbesar hingga yang terkecil:
Biosfer → Bioma → Ekosistem → Komunitas → Populasi → Individu → Sistem Organ → Jaringan → Sel → Organel Sel → Makro Molekul → Senyawa-Senyawa Kimia → Unsur-Unsur → Atom
Ø  Materi yang dipelajari dalam kimia:
1.      Zat
2.      Reaksi Kimia (Perubahan Kimia)
3.      Energi

Ø  Solvation = Melarut
Dalam peristiwa pembuatan air manis, gula dimasukan kedalam air, kemudian di aduk dan gula pun tidak terlihat lagi bercampur dengan air dan seakan menghilang. Hal ini merupakan salah satu contoh dari larutan. Namun dari sinilah timbul pertanyaan, mengapa gula melarut? Apakah gula benar-benar menghilang?
Ternyata sebenarnya gula tidaklah menghilang begitu saja ataupun melebur bahkan bereaksi dengan air. Perlu diingat bahwa gula tidaklah bereaksi dengan air. Butiran gula tersusun dari butiran-butiran yang sangat kecil. Ketika dalam proses pengadukan dalam air, butiran-butiran penyusun gula tidak lagi bersatu, akibatnya terpisah dan tersebar di antara molekul air. Karena molekul air komposisinya lebih banyak, maka butiran gula yang sangat kecil tidak terlihat lagi seakan menghilang. Seperti halnya seorang siswa SMA yang memakai seragam putih berbaris di lapangan untuk mengikuti upacara bendera bersama teman-temannya yang mengenakan seragam putih yang serupa pula, maka jika dilihat dari jauh, di antara mereka tidak ada perbedaan sedikitpun dan semuanya terlihat sama.

Ø  Metode Ilmiah:
1.      Prosedur sistematis untuk pemecahan masalah dan ekslorasi fenomena alam
2.      Obserfasi (Data): pengamatan, eksperimen
3.      Hukum alam
4.      Hipotesa
5.      Teori

Tidak ada komentar:

Posting Komentar