Jumat, 12 Oktober 2018

Allah Sang Maha Pemilik Ilmu

Ilmu di dunia ini begitu banyak bertebaran. Manusia tinggal mencarinya, menuntut ilmu hingga sepanjang hayat. Di dalam mencari ilmu sudah pasti satu paket dengan usaha, jeri payah dan pengorbanan, maka menuntut ilmu itu mahal harganya. Tidak sekedar mahal dari segi materi, namun lebih dari itu, waktu yang dihabiskan, pikiran yang dikerahkan, tenaga yang dicurahkanpun ikut menyertai dalam pencarian ilmu. Oleh karena itu, tidaklah aneh bahwa Allah menjanjikan akan meninggikan derajat orang yang berilmu sebagaimana Firman Allah dalam Q.S. Al-Mujadilah ayat 11.

Ilmu di dunia ini semuanya milik Allah, hanya atas izin dari Allah seseorang bisa memahami ilmu yang dipelajarinya. Hal ini dapat dilihat dari beragamnya seseorang dalam memahami ilmu, ada yang sekali belajar langsung paham, ada yang harus mengulangnya dua hingga tiga kali bahkan puluhan kali baru memahami ilmu yang dipelajarinya. Hal ini pula sekaligus menandakan bahwa manusia begitu lemahnya tanpa bantuan Allah, maka sudah seharusnya manusia memohon dan meminta kepada Allah agar Allah meridhloi untuk diberikan pemahaman ilmu yang bermanfaat. Mungkin hal ini pula bisa menjadi refleksi diri, tentang ilmu yang begitu saja mudah perginya setelah susah payah di dapat seiring tidak lagi diamalkannya ilmu.

"Yaa Allah Sang Maha Pemilik Ilmu, ridhoilah diri ini untuk tetap menyimpan ilmu yang selama ini susah payah dicari, ridhloilah diri ini untuk mencari ilmu sepanjang hayat, ridhloilah agar ilmu yang Engkau berikan dapat bermanfaat bagiku, keluargaku, dan seluruh umat."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar