KISI – KISI ULANGAN TENGAH SEMESTER (UTS)
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VIII / I
Kompetensi Inti :
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (factual, konseptual dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
|
PENCAPAIAN
|
SOAL
|
||
3.1.
Memahami gerak lurus dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan hukum Newton, serta penerapannya pada gerak
mahluk hidup dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
|
Kemotaksis
Fototropisme
|
Mengidentifikasi
sumber rangsang pada gerak tumbuhan
Menunjukkan
jenis gerak pada tumbuhan
|
Disajikan
pernyataan fenomena gerak tumbuhan, siswa dapat mengidentifikasi sumber
rangsang pada gerak tersebut
Disajikan
gambar feneomena gerak pada tumbuhan, siswa dapat menunjukkan jenis gerak pad
a tumbuhan berdasarkkan datangnya arah rangsang
|
|
Gerak
Hewan di darat, udara dan air
|
Menganalisis
kesesuaian sturuktur tubuh hewan dengan kecepatan geraknya
|
Disajikan
data tentang struktur tubuh hewan air,
siswa dapat menganalisis kesesuaian struktur tubuh dengan kecepatan geraknya
|
|
Gerak
lurus
|
Menentukan
jenis gerak
|
Disajikan
gambar grafik hubungan antara jarak dan waktu v – t, siswa dapat menentukan
jenis geraknya
|
|
GLBB
|
Menentukan
jenis gerak
|
Disajikan
gambar gerak benda , siswa dapat
menentukan jenis gerak (GLBB)
|
|
Hukum
Newton I
Hukum
II Newton
Hukum
III Newton
|
Menerapkan hukum Newton I dalam kehidupan sehari-hari
Menentukan
hubungan antara besaran satu dengan
yang lain
Menganalisis
fakta gerak pada hewan berdasarkan
hukum III Newton
|
Disajikan
gambar percobaan kelembaman , siswa dapat memprediksi peristiwa yang
berkaitan dengan percobaan tersebut
Disajikan
data hasil percobaan hukum Newton II, siswa dapat menentukan hubungan antara
besaran satu dengan lainnya
Disajikan
fakta gerakan hewan di suatu lingkunganan , siswa dapat menganalisis
peristiwa tersebut berdasarkan Hukum Newton
|
3.4. Mendiskripsikan struktur Rangka dan Otot
manusia serta fungsinya pada berbagai kondisi
|
Fungsi
Rangka
|
Menjelaskan
fungsi Rangka manusia
|
Disajikan
beberapa pernyataan , siswa dapat
menjelaskan fungsi rangka bagi tubuh manusia
|
|
Struktur
Tulang
|
Menjelaskan
fungsi satu bagian pada struktur tulang
|
Disajikan
gambar struktur tulang manusia, siswa dapat menjelaskan fungsi satu bagian
yang ditunjuk
|
|
Jenis-jenis
Tulang
|
Mengidentifikasi
jenis Tulang
|
Disajikan
ciri-ciri tulang, siswa dapat mengidentifikasi jenis tulang penyusun sistem
gerak manusia
|
|
Macam
Tulang yang berperan saat tubuh melakukan gerakan untuk suatu aktifitas
|
Mengklasifikasikan
Tulang penyusun sistem gerak manusia
|
Siswa
dapat mengklasifikasikan Tulang Penyusun sistem gerak manusia
|
|
Tipe
Persendian pada manusia
|
Mengidentifikasi
jenis sendi
|
Disajikan
suatu peristiwa , siswa dapat mengidentifikasi jenis sendi yang berperan
dalam gerakan tersebut
|
|
Macam
Otot Rangka yang berperan saat tubuh melakukan gerakan untuk suatu aktifitas
|
Memprediksi
kerja otot
|
Disajikan
gambar otot, siswa dapat memprediksi
peristiwa yang terjadi ketika otot berkontraksi atau relaksasi
|
|
Jenis-jenis
otot manusia
|
Membedakan
ciri-ciri otot Polos, Otot Rangka dan Otot Jantung
|
Disajikan
Tabel, siswa dapat membedakan ciri-ciri otot polos, otot Rangka dan otot
jantung
|
3.5.
Mediskripsikan kegunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari dan
hubungannya dengan kerja otot pada struktur rangka manusia
|
Prinsip
dan Jenis Pesawat Sederhana (tuas, bidang miring,katrol
|
Menentukan
keuntungan mekanik sebuah pesawat sederhana
|
Disajikan
gambar pesawat sederhana , siswa dapat menentukan keuntungan mekanik pesawat
sederhana tersebut
|
|
Prinsip
dan Jenis Pesawat Sederhana (tuas, bidang miring,katrol
|
Menentukan
jenis pesawat sederhana
|
Disajikan
gambar pesawat sederhana, siswa dapat menentukan jenis pesawat sederhana
tersebut
|
|
Prinsip
dan Jenis Pesawat Sederhana (tuas, bidang miring,katrol
|
Mengklasifikasikan
pesawat sederhana berdasarkan prinsip kerjanya
|
Disajikan
gambar beberapa pesawat sederhana, siswa dapat mengklasifikasikan pesawat
sederhana berdasarkan prinsip kerjanya
|
|
Penyelidikan
untuk mengetahui keuntungan mekanik pesawat sederhana
|
Menentukan
keuntungan mekanik pada pesawat sederhana
|
Disajikan
gambar pengungkit/tuas , siswa dapat memberikan ide bagaimanana cara
mendapatkan keuntungan mekanis yang paling besar
|
|
Penggunaan
pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari
|
Menerapkan penggunaan
pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari
|
Disajikan
gambar penggunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat
menghitung besarnya gaya yang diperlukan
pada peristiwa tersebut
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar